JANJI PELAJAR MUHAMMADIYAH


 JANJI PELAJAR MUHAMMADIYAH

 

بِسْمِ اللّه الرّحْمٰنِ الرّحِيْم

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا وَبِالإِسْلاَمِ دِيْناً وَبِمُحَمَّدٍ نَّبِياًّ وَّرَسُوْلاً

 

Kami Pelajar Muhammadiyah berjanji : 

  1. Berjuang menegakkan ajaran islam
  2. Hormat dan patuh terhadap orangtua dan guru
  3. Bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu
  4. Bekerja keras, Mandiri dan berprestasi
  5. Rela Berkorban dan menolong sesama
  6. Siap menjadi kader Muhammadiyah dan bangsa

 

Kami Pelajar Muhammadiyah Berjanji :

1. Berjuang menegakkan ajaran Islam

Pelajar Muhammadiyah hendaknya selalu mengutamakan perintah agama islam dalam kehidupan sehari-hari, menguatkan pemahaman keislaman dan senantiasa memperbaiki akhlaqnya

2. Hormat dan patuh terhadap orang tua dan guru

Pelajar Muhammadiyah harus senantiasa menjaga sopan santun, menghormati dan patuh kepada orang tua serta guru. Dalam Islam suka membantah sampai durhaka terhadap orang tua merupakan dosa besar, maka sebaliknya para pelajar Muhammadiyah wajib taat kepada orang tua termasuk juga guru dengan menumbuhkan keyakinan dalam diri bahwa apa yang diperintahkan mereka akan berakibat baik.

3. Bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu

Pelajar Muhammadiyah harus bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu kepada siapapun, lewat jalan apapun tanpa rasa malu dan gengsi. Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim, laki-laki maupun perempuan karena semua aktifitas dalam hidup ini landasan pertamanya adalah ilmu. Beribadah dan bekerja harus punya ilmu. Oleh karena itu semua pelajar Muhammadiyah harus bersunggung-sungguh dalam menuntut ilmu.

4. Bekerja keras, mandiri dan berprestasi

Untuk dapat meraih masa depan yang gemilang dibutuhkan kerja keras, cerdas dan ikhlas karena tidak mungkin kesuksesan diraih hanya dengan berpangku tangan, bermalas-malasan. Pelajar Muhammadiyah harus mau bekerja keras agar bisa mandiri bahkan meraih prestasi

5. Rela berkorban dan menolong sesama

Pelajar Muhammadiyah harus berusaha menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain, rela berkorban dan menolong sesama yang membutuhkan karena pada hakekatnya semua kebaikan yang dilakukan itu akan kembali kepada diri masing-masing.

6. Siap menjadi kader Muhammadiyah dan bangsa

Pelajar Muhammadiyah sebenarnya adalah calon kader dan pimpinan baik bagi keluarga, lingkungan masyarakat, bangsa dan negara karena para pemimpin yang ada hari ini suatu saat akan berakhir kepemimpinannya. Begitu satu generasi berakhir masa kepemimpinannya, akan digantikan oleh generasi berikutnya, yaitu generasi yang lebih muda. Para pelajar pada saatnya nanti setelah selesai masa belajar akan menjadi pimpinan.

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama